JENIS KABEL DATA

Sabtu, 01 Oktober 2011

Jenis-Jenis Kabel data
Kabel data, salah satu alat untuk sinkronisasi handphone ke komputer atau laptop kita. Kabel data ini sangat berguna untuk transfer file baik gambar, dokumen ataupun video dari handphone ke laptop/komputer atau sebaliknya. Mungkin sudah kita semua sudah banyak yang mengenal macam-mcam kabel data untuk handphone.Untuk mengingat saja, berikut ini adalah macam-macam kabel yang berhubungan dengan perangkat komputer, dalam menunjung kegiatan berkomputer.
Kabel Data HP
Digunakan untuk menghubungkan HP dengan komputer, Anda dapat mengirim data dari HP hasil foto ke dalam komputer dan bisa di cetak, kabel data ini bermacam-macam ada yang tipe DKU-5, CA-42, tergantung dari merk HPnya, HP yang bagus biasanya menyertakan kabel data.
Kabel Data untuk handphone
  • Kabel Data DKU-5
Kabel jenis ini biasanya disertakan dalam paket penjualan. meski punya colokan USB, sebenarnya kabel ini merupakan kabel serial dengan kecepatan rata-rata 20 kbps, walau di setingan kompi dibuat hingga 115 kbps atau 230 kbps. lumayan cepat untuk jika untuk transfer file, tapi kurang ngegigit jika di jadikan modem.
  • Kabel data DKU-2
Kabel jenis ini biasanya disertakan dalam paket penjualan. berbeda dengan DKU-5 yang membutuhkan konversi serial ketika dihubungkan ke PC, DKU-2 mampu langsung di baca oleh port USB karena berjenis POP-Port. namun, karena masih menggunakan USB versi 1.0, maka kecepatannya pun masih berkisar antara 1,5 hingga 12 Mbps.
  • Kabel data CA-42
Merupakan kabel data generasi baru dari DKU-5, meskipun sama-sama serial, kabel data CA-42 memiliki beberapa kelebihan diantaranya: lebih hemat energi, kemampuan plug and play.
  • Kabel data CA-53
Merupakan kabel data generasi baru dari DKU-2, merupakan kabel true USB dengan dukungan USB versi terbaru (ver 2.0). Kabel ini hanya mampu membaca MMC dalam ponsel, tetapi jika mini USB type DKE-2 termasuk kabel data.
  • Kabel data DCU-11
Memungkinkan sinkronisasi PC dengan ponsel dalam kecepatan 20 kbps – 115 kbps
  • Kabel data DCU-60
Diklaim menggunakan USB ver 2.0 yang memungkinkann transfer data mencapai 480 mbps.
  • Kabel data DCA-500
Kabel ini memiliki konektor serial (RS232), transfer data dapat dilakukan dalam kecepatan 20 kbps – 115 kbps. kabel data ini dapat juga digunakan untuk upgrade firmware
  • Kabel data DCA-510
Kabel ini sudah menggunakan konektor serial, transfer data dapat dilakukan dalam kecepatan 115 kbps- 460 kbps. kemampuan yang dimiliki hampir sama dengan kabel data DCA-500, namun kabel ini dapat berfungsi sebagai charge juga. (kabel buatan pihak ketiga yang hampir sama adalah MA-8720p)
  • Kabel data DCA-540
Merupakan kabel true USB dengan kecepatan 12 mbps, kabel data ini tidak dapat digunakan untuk upgrade Firmware dan charging.
  • Kabel data DCA-010
Menggunakan koneksi true USB, memungkinkan transfer data hingga 480 mbps.
  • Kabel mini USB
Kabel jenis ini memiliki kecepatan transfer 1,5 mbps – 12 mbps dengan dukungan aplikasi Mobile Phone Tool, untuk beberapa type ponsel motorola, kabel ini berfungsi juga sebagai charge. kabel ini mudah ditemui ditoko-toko, harganya berkisar 10.000 – 40.000
  • Kabel data UC600
Kabel jenis ini memiliki kecepatan hingga 12 mbps dengan dukungan aplikasi Mobile Phone Tool, harganya berkisar 150.000 untuk original dan 50.000 untuk versi TW.
Kabel Power
Adalah kabel yang digunakan untuk memberi supply tegangan pada power supply, pada Monitor. tanpa kabel ini monitor akan mati, dan power supply tidak dapat beroperasi.
Kabel Data USB
Kabel ini digunakan untuk menghubungkan HP dengan komputer, atau Printer dengan komputer, Camera digital dengan komputer.
Kabel di belakang Casing Komputer
warna biru yaitu kabel data Monitor Warna hijau adalah kabel suara ke speaker. Hitam adalah kabel DB25 kabel printer model lama. Warna putih kabel perpanjangan USB Warna Biru laut adalah kabel
Keyboard Warna Ungu adalah kabel Mouse. Warna hitam adalah kabel Power supply.
Kabel LAN UTP dan STP
Kabel UTP dan STP adalah jenis kabel untuk membangun jaringan komputer, dengan teknologi ethernet. Kabel UTP dan STP hampir sama yang membedakan jika STP terdapat shield atau jaket tambahan.
Kabel Data hardisk
Kabel data hardisk digunakan untuk menghubungkan hardisk dengan perangkat motherboard. jenisnyapun bermacam-macam ada kabel data IDE, dan ada pula kabel data SATA, SCASI. kabel tergantung dari jenis hardisk yang digunakan.
Kabel Power Hardisk + flopy disk + CD ROM
Kabel ini digunakan untuk memberikan daya arus DC ke hardisk atau floppy disk atau ke CDROM atau ke DVD ROM.

SUMBER : http://id.wikipedia.org/wiki/Kabel_Data



0 komentar:

Posting Komentar